Cara Mengabadikan Ide

You need more than just idea to survive in this creative world ~Mahfuzh tnt
[tweet this!]
 
Cara Mengabadikan Ide


Sampai sekarang aku percaya kalau dunia ini kreatif. Dunia penuh warna, cerita bahkan misteri. Selama hidup ini, sering kali kita mengabaikan ide yang muncul di kepala. Entah sengaja ataupun tidak disengaja. Semua terasa sama saja buatku. Kita kehilangan ide. 

Kemampuan mengabaikan ide itu semakin parah ketika kita semakin dewasa. Ingatkah dulu ketika kecil, kita terpikirkan membuat layangan dengan beragam bentuk? Semuanya penuh warna dan kreatifitas. 

Tetapi kita yang sekarang lebih suka menghapuskan aneka bentuk itu, karena kenyataan bahwa banyak bentuk yang tidak akan terbang mengangkasa. Dan ketika membuat layangan lagi, kita hanya akan membuat satu layang-layang dengan satu bentuk, bahkan dengan satu warna. Hilang kreatifitas. 

"The creative adult is child who survived after the world tried killing them ~Ursula Leguin" [tweet this!] 

Dalam banyak cerita, kita sering kali menemukan sebuah ide unik. Sebuah ide yang menarik untuk diwujudkan, tetapi terkendala karena sedang sibuk melakukan pekerjaan, belajar, atau hal yang lain. 

Kemudian di sisi lain, kita sering juga mengalami kebosanan karena tidak memiliki kesibukan. Hanya menghabiskan waktu untuk merefresh halaman facebook, menonton film, atau bahkan hanya melamunkan sang pujaan hati. Hanya untuk membuang waktu. 

Kenapa kita tidak mengerjakan seluruh ide menarik yang pernah kita pikirkan di waktu senggang itu? Bukankah itu lebih menarik dan produktif dibandingkan hanya membuang waktu? Kebanyakan dari kita mungkin lupa, dan lainnya sudah malas. Padahal menghargai ide ialah salah satu jalan dalam menghargai kehidupan

Untuk membuat ide kita menjadi abadi, kita harus berusaha mewujudkannya. Jangan biarkan dia menjadi ide saja, yang didengar orang, kemudian pada akhirnya dilupakan semua orang. Beberapa cara untuk tetap dapat mengabadikan ide kita:

1. Tuliskan

Aku menuliskan ini juga sudah merasa kalau ini adalah klise. Nyatanya kalian sudah tahu kan? Ini tips yang sudah banyak dikhutbahkan orang. Kenyataan kenapa aku masih menuliskannya ialah karena ini yang aku lakukan, ini benar dan ini belum banyak dilakukan. 

Mengetahui itu tak cukup, tetapi kalian harus mempraktekkannya. Menurutku sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak mencatat ide yang datang. Kalian tidak lagi memerlukan buku catatan, pensil, ataupun bolpoint untuk mencatat sesuatu, smartphonemu sudah cukup. 

Ketika ide datang, aku sering kali mengembangkannya sedikit, perlahan-lahan dalam imajinasiku, kemudian aku tuliskan dalam note smartphoneku. Ada banyak app personal assistant yang bisa kita gunakan. Segeralah mencatat.

2. Ambil Gambar

Aku punya beberapa koleksi gambar, yang ketika dilihat orang lain akan bingung, akan bertanya-tanya, atau malah mengatakan "ngapain buang-buang space memory di hape buat simpan gambar ini?". 

Kenyataanya, space memory yang kosong itu lebih membuang-buang uang, buat apa membeli hape bagus, memory-nya besar kalau cuma kita diemin kosong? Begitu menurutku. Gambar-gambar di hapeku yang kelihatan tidak bermakna bagi orang lain itu biasanya sebagai media menyimpan ide. 

Karena aku blogger yang hampir setiap harinya menulis, maka terkadang aku menggunakan gambar untuk bisa mendeskripsikannya secara langsung. Terkadang mencatatnya dalam bentuk tulisan saja tidak cukup buatku.

3. Lakukan Saat Itu Juga

Beberapa hari yang lalu aku terpikirkan untuk membuat sebuah blog yang isinya ialah tentang belajar menjalani kehidupan. Beberapa jam setelah pemikiran itu, blog Ide Kehidupan sudah on the line. Dan sekarang, ini adalah tulisan keempat di hari keempat blog ini dibuat. 

Terkadang terlalu banyak berencana, mengonsep, merenungkan hanya membuang waktumu. Kamu tidak benar-benar memiliki ide ketika hanya memikirkannya. Lakukanlah dan kamu akan terkejut betapa mudahnya idemu berkembang. 

4. Rencanakan Waktu Mewujudkannya

Kalau cara ketiga memang tidak memungkinkan, maka gunakan cara pertama dan kedua, namun kamu juga perlu merencanakan, kapan waktu untuk mewujudkan idemu itu.

Kebanyakan orang, berhasil melakukan cara pertama dan kedua, tetapi dia sama sekali tidak memikirkan kapan ide ini akan diwujudkan. Padahal hari ketika mewujudkan ide tersebut akan menjadi hari yang paling menyenangkan

Luangkanlah waktu untuk mewujudkan ide-ide itu, atau bahkan luangkan uang saku untuk mewujudkan ide, yakinlah kalau ide yang kamu miliki worth to show, patut ditujukkan.

Jadi kapan kalian bisa menunjukkan ide yang menarik itu ke aku? :)

Comments

  1. Waaah, berguna mas tulisannya.
    Emg betul jg y. Spy abadi, ya direalisasikan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ide simple juga percumah kalau nggak direalisasikan.. :)
      Kalau penulis sih kebanyakan idenya tentang tulisan, jadinya lebih mudah direalisasikan. Thanks sudah berkenan datang dan komen.

      Delete
  2. Keren. Thanks bgt penuh manfaat. Boleh izin share yaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, silahkan.. Terimakasih banyak sudah berkenan share. :)

      Delete
  3. Banyak ide yang menguap ternyata. sia-sia T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luangkan waktu satu menit aja untuk mencatatnya.. Setidaknya itu akan bisa dipikirkan lagi sebelum menguap.

      Delete
  4. Sering banyak ide tp jrg ditulis, apalagi di realisasi kan 😅😅😅
    Terlalu banyak pertimbangan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hal Sederhana Bisa Menjadi Sangat Luar Biasa - Cerita Dari Aljabar

Orang Berpendidikan Akan selalu Kalah Dalam Berdebat

Melakukan Kesalahan Adalah Kemajuan Penting Dalam Belajar