Cara Mengalami Hari-Hari yang Menyenangkan

"Smile at stranger, embarrass your best friends and have a joyful day ~Mahfuzh tnt"
Cara Agar Mengalami Hari yang Menyenangkan

Aku pernah mengalami hari yang sangat buruk. Itu beberapa tahun yang lalu, ketika aku masih mahasiswa.

Saat itu aku menjalani akhir masa kuliahku, dan salah satu tugas kuliah yang penting ialah KKN. Aku telah menyelesaikan KKN dengan baik, namun aku belum menyelesaikan laporan KKN-ku. Lebih tepatnya belum mendapat persetujuan oleh dosen pembimbing KKN.

Sebagai ketua kelompok maka urusan persetujuan dosen pembimbing ini menjadi tanggung jawabku. Sementara deadline penyetoran nilai KKN semakin dekat, tetapi dosen pembimbing sulit kutemui. Ketika bertemu, aku mendapat ocehan dan kewajiban revisi lagi.

Saat itu akumerasa sedang membawa beban yang sangat berat, hingga akan tertindis karena tidak mampu menahan bebannya. Kemudian mulai menyalahkan banyak hal, "Kenapa nasib tidak berpihak padaku?" Benar-benar hari yang buruk bukan?

Tetapi sebenarnya itu tidak seburuk yang aku pikirkan. Kenyataanya temanku selalu mendukung kerja kerasku, orang tuaku sedikit khawatir tetapi terus menenangkanku, dan aku sendiri masih punya banyak energi untuk melakukan hal yang berguna.

Saat itu aku memilih untuk meninggalkan urusan kampus sejenak. Keluar, berjalan-jalan dan melihat bahwa tidak ada yang bisa mengurungmu, tidak juga dosenmu.

Orang lain mungkin bisa memperlakukanmu dengan buruk, keadaan bisa saja menjepitmu, tetapi kamu bisa memilih. Akankah hari ini lebih berjalan buruk atau menjadikan hari ini lebih menyenangkan dan menikmati seluruh prosesnya sebagai pelajaran.

Jika kau menganggap ini adalah hari yang buruk, maka jadilah hari yang buruk, tetapi ingat kita bisa memutuskan untuk membuat hari ini menyenangkan.

1. Bersyukurlah

Bersyukurlah dari hal-hal terkecil yang terjadi dalam hidupmu, untuk sebuah dukungan dari temanmu, ketika melihat mentari pagi, ketika kamu masih memiliki tenaga untuk berusaha, dan bersyukurlah untuk bisa bernafas. Bersyukur untuk segala hal yang masih kamu miliki.

Bersyukur untuk semua yang terjadi dalam hidupmu membuatmu memiliki pisitive thinking, penuh semangat dan tertantang untuk mengambil langkah maju.

2. Positive Thinking

Berfikiran positif akan memberimu semangat untuk menikmati hari ini. Kamu melihat lebih jauh, bahwa akan ada hal baik di hari esok. Ingat kataku tentang visi kan?

Berfikiran positif mengubah pandanganmu, bahwa setiap hal buruk yang terjadi padamu memiliki hikmah. Setiap perlakuan buruk orang lain terhadapmu membuatmu tahu karakter mereka. Semua kesalahan yang kamu lakukan, membuatmu belajar untuk tidak mengulanginya kembali.

Selalu gunakan sudut pandang yang positif dalam memulai harimu.

3. Fokuslah untuk Memberi bukan Hanya Menerima

Kenapa kita merasakan kecewa? Mungkin karena kita berharap banyak. Mengapa kita merasa hari ini buruk? Bisa jadi karena kita terlalu berharap mendapatkan sesuatu dari orang lain, ternyata tidak.

Walaupun berfikiran positif itu baik, tetapi jangan berharap kepada orang terlalu banyak. Ketika pagi hari aku sudah terlalu berharap akan mendapatkan tandatangan dosenku, ternyata tidak ada, ini membuatku merasa ada yang salah, kemudian menganggap hari ini adalah hari yang buruk.

Ketika hanya memikirkan apa yang kita inginkan hari ini, akan sama seperti memuali hari dengan nilai negatif. Untuk lima hal yang kita harapkan terjadi, ibarat memulai hari ini dengan nilai -5. Kemudian ketika satu persatu kenyataan sesuai harapan, nilai akan menjadi -4, -3, dan maksimal ialah nol.
"Happiness.. Consist in giving and in serving others ~Henry Drummond"
Sedangkan dengan fokus untuk memberi. Baik itu memberikan usaha yang terbaik maupun memberi sesuatu pada orang lain. Maka kita akan memulai hari dengan nilai nol. Ketika memberikan satu hal kepada orang lain, maka akan naik menjadi +1, +2 dan seterusnya, ini memberimu kemungkinan tidak terbatas.

Pada kasusku, bisa jadi pemikiran bahwa hari ini hari yang buruk, karena memulainya dengan salah. Aku belum memberikan hal terbaik pada orang-orang disekitar, tetapi sudah berharap banyak. Ketika keadaan tidak sesuai harapan. Ini memberi kekecewaan yang lebih.

Hargai kehidupanmu, jika ingin harimu menyenangkan, maka bersyukurlah, postitive thinking, dan berikan yang terbaik!
Jadi sudahkah kamu memulai hari dengan memberikan yang terbaik kepada orang lain.

Comments

  1. Setuju, dengan berpikirian positif, beban hidup terasa lebih ringan. ira keluarga pelancong.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hal Sederhana Bisa Menjadi Sangat Luar Biasa - Cerita Dari Aljabar

Orang Berpendidikan Akan selalu Kalah Dalam Berdebat

Melakukan Kesalahan Adalah Kemajuan Penting Dalam Belajar