Jika Kamu Ingin Sukses, Tentukan Definisi Suksesmu Dari Sekarang

Be honest with your heart is the first step to be success ~Mahfuzh tnt
[tweet this!]
Jika Ingin Sukses, Tentukan Definisi Suksesmu dari Sekarang

Apa itu sukses? Jika kita ingin sukses, maka kita harus bisa mendefinisikan apa itu kesuksesan. Jadi apa sukses menurut pendapatmu?

Kebanyakan orang mendefinisikan bahwa Sukses=Uang. Seseorang dikatakan sukses kalau dia punya uang banyak, atau mendapatkan uang banyak. Orang kaya dikatakan sukses, sedangkan orang yang miskin dikatakan tidak sukses. 

Menurutku ini adalah pemahaman yang dangkal mengenai kesuksesan. Apakah masih bisa dikatakan sukses kalau dia suka marah, stress, terlalu sibuk bekerja, tidak memiliki waktu bersama orang tercinta, dan kesehatannya buruk? Walaupun kenyataanya dia kaya raya. 

Tentu saja tidak. Oleh karenanya kita harus mendefinisikan ulang mengenai apa itu kesuksesan?

Uang Banyak Vs Kesehatan

Jika telah bekerja keras, mendapatkan uang banyak, tetapi karena sibuknya bekerja sehingga lupa memikirkan kesehatan tubuhmu, maka kamu belum bisa dikatakan sukses. 

Apa orang yang banyak uang tetapi sibuk dan sakit-sakitan dapat dikatakan sukses? Belum bisa dikatakan sukses jika kita tidak dapat menikmati hidup yang menyenangkan ini.

Uang Banyak Vs Waktu Luang

Seberapa besarpun uang yang kamu hasilkan setiap harinya akan sia-sia jika kamu tak punya waktu luang untuk menikmati hidupmu. 

Setelah menghabiskan banyak waktu untuk mencari uang, kini kamu tidak punya waktu atau bahkan tidak tahu caranya menghabiskan uang yang sudah diperoleh. Apa gunanya? Kamu dinilai sukses di mata orang lain tetapi tidak punya cukup waktu untuk menikmati kesuksesan yang dikatakan orang-orang. 

Kalau kata Dalai Lama:

"Man…sacrifices his health in order to make money. Then he sacrifices money to recuperate his health [tweet this!]"

Jangan jadi manusia yang membingungkan. Mengabaikan kesehatan untuk mendapatkan uang, kemudian menghabiskan uangnya untuk memulihkan kesehatanya. Hiduplah dengan menikmatinya. 

Sukses Ialah Menjalani Kehidupan dengan Sangat Hidup

Jadi menurutku, sukses itu lebih cair, lebih variatif. Bergantung pada pendapat pribadimu. Maka definisikan kesuksesan menurutmu, sesuaikan dengan visi kehidupanmu.

Seseorang dikatakan sukses jika Ia telah dapat menikmati kehidupannya. Ia sehat, menikmatik kehidupannya, memiliki waktu luang dan kebebasan finasial. Seseorang yang sukses menatap kehidupan di masa depan dengan optimis dan menikmati kehidupan hari ini dengan maksimal.

Kesuksesan memberimu kebebasan untuk memilih hidup seperti apa yang ingin kamu jalani. Kamu tidak sedang terkurung di kantormu bertahun-tahun, sementara mimpimu ialah mengelilingi dunia. Kamu tidak perlu mendengarkan kuliah bisnis sementara mimpimu ialah menjadi saintis. Begitu kan?

Hidup hanya sekali, hargai kehidupan, lakukan sesuatu yang membuatmu bahagia dalam kehidupan ini, maka kesuksesan akan menghampirimu. 


That's it.. Thanks for reading.

Comments

  1. noted kalimat ini:
    Jangan jadi manusia yang membingungkan. Mengabaikan...

    =)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hal Sederhana Bisa Menjadi Sangat Luar Biasa - Cerita Dari Aljabar

Orang Berpendidikan Akan selalu Kalah Dalam Berdebat

Melakukan Kesalahan Adalah Kemajuan Penting Dalam Belajar