Ide Pagi

Hidup yang Tidak Dipertaruhkan Tak Kan Pernah Dimenangkan

Adsense

Asah Kampakmu Mulai Sekarang: Pentingnya Persiapan

Kesempatan bukan hanya datang pada orang-orang yang beruntung, tetapi juga pada orang-orang yang punya persiapan ~Mahfuzh tnt [tweet this!]
Asah Kampakmu Mulai Sekarang: Pentingnya Persiapan

Seorang tokoh Amerika, Abraham Lincoln pernah berkata "Beri aku waktu 6 jam untuk menebang pohon, maka akan kuhabiskan 4 jam pertama untuk mengasah kampakku"

Sebuah quote yang tajam dan bermakna bukan? Ya, artinya ketika kamu ingin melakukan sesuatu, maka lakukan persiapan terlebih dahulu.

Tetapi banyak orang yang melakukan sebaliknya. Mereka suka mengerjakan segala sesuatu secara spontan, dengan tanpa persiapan atau sangat sedikit persiapan. Cara ini seringkali memberikan hasil yang mengecewakan.

Sementara itu, orang-orang yang cerdas memilih untuk selalu menempatkan persiapan sebagai hal yang utama. Salah seorang dosenku pernah berkata, "Masuk kelas tanpa persiapan bukanlah pertanda telah menguasai materi, tetapi pertanda kurangnya profesionalitas dalam bekerja"

Jadi seorang pengajar yang baik bukanlah pengajar yang telah bertahun-tahun mengulang materi yang sama, dan seenaknya masuk kelas tanpa persiapan, tetapi pengajar yang baik ialah yang selalu mempersiapkan segala-sesuatunya sebelum memulai kelasnya.

Pentingnya Persiapan

Ada lima alasan mendasar mengapa persiapan itu sangat penting:

1. Persiapan membantumu mengenali apakah hal yang akan kamu lakukan itu bermanfaat.

Dengan memikirkan persiapan, mau tidak mau kamu akan melihat kerangka besar dari apa hal yang akan kamu lakukan. Apakah melakukan hal ini merupakan langkah yang benar, yang sesuai dengan tujuanmu?

Lebih dari itu semua, persiapan akan membuatmu menyadari seberapa penting hal yang akan kamu lakukan, dan kamu bisa mengukur apakah hal tersebut cukup bermanfaat untuk dilakukan ataukan merupakan langkah yang salah dan hanya membuang-buang waktu.

2. Persiapan akan membuatmu mengetahui cara paling efektif untuk melakukan sesuatu.

Kalau kamu memikirkan persiapan-persiapan  sebelum melakukan sesuatu, maka pikiranmu pasti akan berfikir bagaimana cara paling efektif untuk menyelesaikannya.  Tidak mungkin kamu melakukan persiapan untuk melakukan hal yang memiliki kemungkinan gagal sangat besar.

Inilah kenapa jika kamu melakukan persiapan, maka kamu akan berfikir dan memikirkan cara terbaik untuk melakukannya.

3. Persiapan memberikanmu ruang untuk berimajinasi.

Seperti banyak sekali teman-teman penulis yang aku kenal, untuk penulis, imajinasi merupakan hal yang fundamental dan sangat penting. Dan persiapan sebelum menulis, biasanya penulis membaca buku-buku dengan tema yang ingin ditulisnya, menambah pengetahuan tentang apa yang akan ditulisnya (wawancara ataupun mendatangi lokasi langsung).

Hal-hal ini akan memberikan imajinasi dan kreatifitas pada apa yang akan kamu lakukan. Kalau awalnya kamu ingin membuat kue cake, maka dengan persiapan yang matang, kamu akan mendapat inspirasi dan siap membuat cake dengan hiasan bunga diatasnya. Lebih sempurna bukan?

4. Persiapan akan membuatmu siap untuk segala kemungkinan terburuk

Ya. Seperti yang aku katakan sebelumnya, bahwa persiapan akan memberikanmu gambaran akan kerangka besar dari apa yang akan kamu lakukan, persiapan juga akan membuatmu tahu kemungkinan-kemungkinan apa saja yang mungkin terjadi.

Dengan persiapan yang total dan sempurna, maka kemungkinan-kemungkinan terburuk yang akan terjadi akan dapat kamu hindari, atau bahkan atasi dengan mudah.

5. Persiapan memberikanmu kesempatan baru. 

Persiapan yang matang akan memberikanmu banyak kesempatan baru. Kesempatan bukan hanya datang pada orang-orang yang beruntung, tetapi juga pada orang-orang yang siap.

Seperti hal-nya pengalamanku yang mempersiapkan untuk bisa lanjut studi ke luar negeri. Aku mempersiapkan untuk bisa mendapatkan beasiswa AAS yang tujuannya ialah ke Australia, tapi kesempatan yang muncul ialah studi ke Jepang, dan kemudian aku mendapatkanya. Salah satunya karena aku telah siap dengan Bahasa Inggris yang memang kupersiapkan untuk studi ke luar negeri.

Begitulah dalam kehidupan akan banyak kesempatan yang bisa kita peroleh jika kampak kita sudah sangat tajam (read: skill kita sudah mencukupi). Jadi mulai sekarang, apapun ide yang muncul di kepalamu dan ingin kau kerjakan, segeralah memulai persiapannya dan wujudkan mimpimu segera.