Ide Pagi

Hidup yang Tidak Dipertaruhkan Tak Kan Pernah Dimenangkan

Nobel Prize Einstein ~ Jangan Remehkan Project Kecil

A series of  completed small project is greater than the unfinished oversized one
~Mahfuzh tnt 
[tweet this!]
Kisah Einstein

Ketika mendengar nama Albert Einstein, apa yang muncul di pikiran kalian?  Teori Relativitas? Teori Gravitasi? atau E = mC2? Ya, Fisikawan asal Jerman ini memang dikenal karena teori relativitas umum yang dikemukakannya pada tahun 1916. Tetapi tahukah kalian Nobel prize apa yang diperoleh oleh Einstein?

Kisah Nobel Prize Einstein

Setelah menyelesaikan kuliahnya, Einstein hanya mendapat pekerjaan sebagai petugas paten (patent clerk). Karena banyaknya waktu luang yang dimiliki dari pekerjaanya itu Ia mengmbangkan gagasannya dan menuliskannya dalam jurnal kemudian mengirimkan jurnal tersebut ke penerbit jurnal terkemuka di Jerman.

Singkat cerita, jurnal Albert Einstein sampai ke tangan Max Plank dan mendapat pengakuan, Ia langsung mendapatkan posisi Professor dan menjadi satu diantara kalangan cendikiawan jenius abad itu.

Einstein menghabiskan hampir seluruh waktunya untuk mennyempurnakan Teori Relativitas Umum. Tetapi disamping itu, Ia mendapat proyek dari universitas untuk mengembangkan fisika atom yang berhubungan dengan fisika kuantum. Bagi Einstein itu juga tidak menjadi masalah. Bahkan pada dasarnya Ia mendaki puncak karirnya sebagai Professor dengan penelitian di bidang fisika kuantum.

Saat Teori Relativitas Umum telah terbuktikan dan diakui di seluruh dunia. Einstein mendapatkan penghargaan Nobel Prize. Dan yang paling menarik ialah Nobel Prize ini pada bidang Fisika Atom dimana Ia berusaha menjelaskan efek fotoelektrik. Ini dikarenakan pada masa itu, dikemukakannya Teori Relativitas Umum tidak memberi sumbangsih yang nyata dalam pengembangan pengetahuan modern.

Jangan Terlantarkan Project Kecil

Banyak orang yang terlalu mengejar obsesinya sehingga meremehkan project-project kecil. Tidak ada yang salah dengan mereka yang mengejar sebuah visi utama, namun jangan sampai ini menyilaukan dan membuat kita tidak bisa melihat project-project kecil yang jelas-jelas ada di depan mata.

Contohnya saja seperti seorang penulis. Banyak yang telalu terobsesi untuk menulis sebuah buku fiksi karyanya sendiri yang bisa Best Seller sehingga dia mengabaikan proyek menulis keroyokan (bikin antologi), meremehkan penulisan blog, dan beberapa project kecil lainnya. Tetapi kenyataannya untuk menyelesaikan sebuah buku hingga masuk penerbitan itu tidaklah instant. Maka jangan remehkan project kecil yang ada di depan mata.

Seperti hal-nya Einstein yang terobsesi untuk menyempurnakan penjelasan Sir Isac Newton tentang gravitasi tetapi ia tidak mengabaikan project fisika atom yang dibebankan Universitas padanya. Sehingga walaupun dikenal sebagai penggagas Teori Relativitas Umum tetapi penghargaan Nobel yang diperoleh Einstein ialah pada fisika atom, project 'sampingan' yang juga Ia kerjakan.

Project-project kecil yang bisa kita selesaikan dengan mudah itu jauh lebih berharga dan bermanfaat daripada satu project besar yang nggak pernah kita selesaikan. Jadi jangan ragu untuk mulai mengerjakan sebuah project kecil dari ide yang datang tiba-tiba.

Project Kecil Bisa Menjadi Pendukung

Project kecil sebenarnya ialah pendukung dari project-project besar kita. Seperti contohnya pada kasus penulis. Dengan banyak ikut project kecil berupa antologi, maka nama kita sudah bisa dikenal pembaca. Sehingga ketika buku yang kita tulis sendiri telah terbit, bisa jadi kita telah memiliki pembaca setia.

Pun dengan blog. Dengan blogging setiap hari, maka kita telah memiliki pembaca setia dan media. Ketika buku kita telah terbit, maka blog bisa menjadi salah satu media promosi untuk meningkatkan pembelian buku kita.

Project Kecil Bisa Jadi Besar

Salah satu cerita yang sangat melekat di kepalaku ialah kisah seorang pengusaha Laundry yang memiliki space kosong di bagian tempat parkir depan rukonya. Karena lahan kecil itu kosong tidak digunakan, maka Ia membuat bisnis kecil dengan modal beberapa juta untuk penjualan es kopi.

Kemudian tidak disangka-sangka ternyata penjualan kopi ini menjadi jauh lebih menarik daripada bisnis Laundry yang modalnya Ratusan juta. Bisnis kopi ini menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar daripada modal awalnya. Melihat trend ini, maka Ia beralih pada bisnis penjualan es kopi. Bisnis Laundry ratusan juta ia tinggalkan, dan memulai jualan kopi. Saat ini bisnis kopinya telah dikenal di Indonesia.

Terakhir, sebuah quote dari Theresa:
Be faithful in small things because it is in them that your strength lies ~Teresa 
[tweet this!]
Thank you..

Nb: Jika kalian tertarik pada kisah Einstein hingga meraih nobel , bisa membaca ringkasannya di link ini: Biografi Einstein

2 comments

blog ini salah satu project kecilmu fuzh?

Back To Top