Hal Sederhana Bisa Menjadi Sangat Luar Biasa - Cerita Dari Aljabar

If you solve simple problem perfectly, you will never lose chance to solve the greater one.  ~Mahfuzh tnt [tweet this!]

Pada abad ke-12 seorang ilmuwan Islam bernama Muhammad Ibn Musa Al-Khawarizmi, memikirkan metode perhitungan harta warisan agar lebih sederhana. Dalam ajaran islam, anak laki-laki memiliki hak harta waris sebesar dua kali dari perempuan. Nah pada awalnya ini sangat membingungkan ketika jumlah anaknya banyak dan harta yang perlu dibagi juga cukup banyak.

Al-Jabr

Dari kasus di atas, Al-Khawarizmi menciptakan logika bahwa misalkan ada dua anak laki-laki  dan satu perempuan. Maka laki-laki mendapatkan dua kali dari perempuan yang dimisalkan sebagai 2xP, harta hak perempuan dimisalkan sebagai P, sedangkan total harta yang akan dibagikan ialah 2P+2P+P= 5P. Jika warisan ialah 15 dirham, maka 5P=15 dirham, dan diketahui anak perempuan akan mendapatkan 3 dirham, sedangkan laki-laki masing-masing akan dapat 6 dirham. Metode ini kemudian disebut "Al-Jabr" istilah bahasa arab yang bermakna "pengembalian dari bagian yang terpisah", istilah ini masukkan dalam bahasa inggris sebagai "algebra" dan indonesia "aljabar".

Itu adalah awal cerita bagaimana ilmu aljabar dalam matematika dirumuskan oleh Al-Khawarizmi. Ilmu aljabar ini sekarang menjadi sangat penting dalam ilmu matematika. Dasar-dasar aljabar harus sudah dikuasai oleh pelajar SMP. Tak cukup sampai disitu, selanjutnya kita akan belajar mengenai fungsi linier, dan di SMA ada fungsi kuadrat, yang kesemuanya dikembangkan dari aljabar.

Berbicara tentang lingkup ilmu aljabar, saat ini aku melakukan penelitian dalam bidang kimia molekular, dimana salah satu metode untuk menghitung energi getar atom dalam padatan ialah dengan menyelesaikan persamaan osilator harmonik. Persamaan osilator harmonik hanya bisa diselesaikan dengan aljabar linier.

Bidang lainnya yang erat kaitannya dengan aljabar ialah dalam perhitungan pertumbuhan jumlah binatang ternak, perhitungan getaran yang terjadi pada jembatan dan gedung pencakar langit agar tetap kokoh. Dan berbagai kegunaan lainnya dalam bidang komputer proggramming dan penentuan gelombang radio dari radar.

Ketika dipelajari ulang dan menyadari bahwasannya dasar dari semua perhitungan yang sangat kompleks ini ialah Aljabar, aku sangat terkesan. Aku jadi lebih terkesan ketika menyadari bahwasannya awal dari ini adalah perhitungan hak waris yang dilakukan oleh umat Islam. Maksudku sebuah perhitungan super kompleks yang aku pelajari untuk menghitung energi atom ini, sebenarnya berasal dari perhitungan hak waris yang dilakukan oleh ummat islam. Melihat masalah sederhana di masa lalu yang ternyata mampu memberikan penyelesaian terhadap permasalahan super kompleks di era modern ini. Keren banget khan!

Hal Sederhana Yang Kita Mulai

Jika di ingat-ingat, dulu pertama kali mulai menulis blog, isinya puisi. Bukan karena mahir dan bisa membuat puisi, tetapi puisi adalah tulisan yang nggak perlu topik dan hanya berisi beberapa bait. Menulis puisi itu mudah, cepat dan ringkas, dengan catatan puisinya asal, nggak bisa bagus dan bermakna seperti karya penyair-penyair besar.

Aku memulai blog dengan sederhana, menuliskan puisi, kadang  opini nggak jelas bahkan sering curhat. Blog yang awalnya berisi puisi galau, gak jelas dan alay ini, setelah banyak belajar dari kesalahan kini sudah lebih baik lagi isinya. Bahkan blog ini telah berubah menjadi salah satu identitas buatku. Sekarang setiap perkenalan, bisa saja menyebutkan bahwa selain mahasiswa, aku juga bloger. Ini mungkin belum terlalu besar saat ini, tetapi dikemudian hari, siapa yang tahu?

Only those who have patience to do simple things perfectly ever acquire the skill to do difficult things easily. James J. Corbett


Ketika memulai sesuatu, banyak orang yang akan merasa ini terlalu sederhana, remeh-temeh, dan ecek-ecek. Tak jarang orang berhenti karena 'nggak level'. Aku pun begitu, menulis blog dari nol pengunjung, dulu itu sehari ada dua pembaca saja di blog sudah untung-untungan. Sempat kepikiran "Duh.. Apa gunanya menulis kalau nggak ada yang membaca". Tapi aku terus menulis, menulis dan menulis. Sekarang pengunjung 5000 orang sehari sudah menjadi biasa saja.

Pun begitu terhadap hal-hal baru dan sederhana yang akan kamu lakukan. Pasti terasa 'nggak banget deh' di awal.  Padahal hal sederhana yang kamu mulai saat ini bisa saja menjadi hal yang sangat besar dan berpengaruh di kemudian hari. Seperti yang aku tuliskan sebelumnya, selain hal yang sederhana, kamu juga tidak boleh meremehkan project kecil. Hal-hal kecil dan sederhana yang kita lakukan dengan serius akan membawa perubahan yang baik, jika tidak untuk dunia, setidaknya untuk pribadi kita sendiri.

Jadi hal sederhana apa yang akan kamu mulai pagi ini?

Comments

  1. keren2, aku baru tahu kalo aljabar itu diilhami dari perhitungan waris
    memang hal kecil itu membawa kita untuk melakukan hal yang lebih besar
    aku masih ingat dulu awalnya cuma edit2 CSS gara2 pengen mindahin sidebar kiri ke kanan, itu doang
    eh lama2 aku malah tenggelam dalam dunia web design dan akhirnya buka jasa bikin template :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Orang Berpendidikan Akan selalu Kalah Dalam Berdebat

Melakukan Kesalahan Adalah Kemajuan Penting Dalam Belajar