Ide Pagi

Hidup yang Tidak Dipertaruhkan Tak Kan Pernah Dimenangkan

Melakukan Kesalahan Adalah Kemajuan Penting Dalam Belajar

Human made a mistake not because they are stupid, but they tried to improve ~Mahfuzh tnt [tweet this!]
Kemajuan Penting Dalam Belajar

Apa kalian masih ingat bagaimana pertama kali kalian belajar bersepedah? Mungkin banyak yang sudah lupa, tapi kalau boleh sok tahu sepertinya pengalaman belajar naik sepedah ini bisa dideskripsikan dengan kata "terjatuh". Semua yang belajar bersepedah pasti mengalami terjatuh, seperti yang di alami anak kecil ketika belajar berdiri dan berjalan.

Sama hal-nya ketika belajar, kita perlu salah berulang kali untuk bisa benar-benar sempurna memahami sebuah ilmu/teknik. Bahkan orang-orang sekelas professor ahli sekalipun dapat melakukan kesalahan. Salah satu kesalahan paling fatal dalam sejarah ilmu pengetahuan ialah pada bidang paleontologi, penemuan fossil dinosaurus.

Kesalahan Fatal Paleontologis Dinosaurus

Paleontologi adalah salah satu cabang sains yang berhubungan dengan fossil, baik itu berupa fossil tumbuhan dan jasad  renik, fossil manusia dan fossil hewan-hewan purbakala (dinosaurus). Salah satu kerja utama dari para paleontologis ialah menggali dan mempelajari fossil dinosaurus. 

Pada tahun 1993 paleontologis menemukan fosil Thescelosaurus, seekor dinosaurus herbivora yang hidup sekitar 66 juta tahun yang lalu. Karena lokasi penemuan ini adalah di lahan milik seorang wanita bernama Willo, maka fossil ini diberi nama Willo. 

Awalnya tidak ada yang spesial tentang Willo, tetapi kemudian pada tahun 2000 ia menjadi salah satu pusat perhatian para saintis, karena fossil willo yang utuh mengindikasikan bahwa tubuhnya masih menyimpan organ jantung dinosaurus. Ini mengacu pada CT scan fosil Willo pada tahun 1996 sebelum diserahkan ke museum, yang memberikan informasi mengenai keberadaan tumpukan batuan yang berbentuk menyerupai hati. 

Penemuan ini memberikan kesimpulan bahwa Willo merupakan fossil yang utuh dan masih memiliki jantung dinosaurus. Yang menarik dari kesimpulan ini ialah, mari bayangkan sudah berapa banyak fossil dinosaurus yang sudah ditemukan hingga tahun 2000? Dan semua fossil itu mengalami perlakuan yang sama oleh para ilmuwan, yaitu dibersihkan dan hanya diambil tulangnya saja. 

Ini memberikan fakta bahwa hingga tahun 2000 para paleontologis selalu membuang bagian terpenting yaitu jantung dinosaurus dan hanya mengambil tulangnya saja sebagai fossil. Ini merupakan kesalahan terbesar yang dilakukan oleh ilmuwan-ilmuwan masa lalu. 

Namun berkat kesalahan tersebut, ilmuwan telah mampu mencapai pengetahuan tentang masa lampau (zaman purbakala) yang sangat tinggi (baca:advance). Dan lebih dari itu, ketika mengetahui kesalahan yang dilakukan ini, akhirnya ilmuwan memperbarui metode perlakuan pada temuan fossil, yaitu menambahkan metode X-RD pada setiap temuan fossil sehingga bisa menyelamatkan jantung dan organ dalam dinosaurus untuk dipelajari. 

Kemajuan Penting Dalam Belajar

Melakukan kesalahan merupakan bagian penting dalam belajar, dari satu kesalahan kita dapat mencapai pemahaman baru yang lebih dalam dan lebih sempurna. Seperti kisah Thomas Alfa Edison, tidak mungkin ia menemukan lampu tanpa melakukan 999 kesalahan, kisah Albert Einstein, tidak mungkin ia menyempurnakan general theory of relativity tanpa melakukan kesalahan matematis dan memperbaikinya. 

Pemikir besar, ilmuwan besar dan penemu hebat dalam sejarah semuanya melakukan kesalahan, namun mereka tidak pernah berhenti sampai disitu. Mereka meraih sebuah pemahaman baru yang lebih tinggi dalam setiap kesalahan yang ia lakukan. 

Dari kisah para paleontologist ini, kita bisa belajar bahwa ahli, pakar, professor sekalipun melakukan yang namanya kesalahan, bahkan mungkin sangat fatal. Tetapi ketika menyadari kesalahan ini, mereka menemukan pemahaman baru, dari pemahaman baru ia membuat metode baru, mencapai pengetahuan baru yang mengubah sejarah ilmu pengetahuan dan teknologi. 

A person who never made a mistake never tried anything new. Albert Einstein

Karena itu jika kalian adalah pembelajar maka jangan takut melakukan kesalahan, itu berarti sebuah kemajuan penting dalam belajar. Evaluasi kesalahan tersebut untuk mencapai pemahaman baru yang lebih menyeluruh, lebih sempurna.

Thanks for reading. See ya!

7 comments

Iya Mas, dari kesalahan itu kita bisa belajar untuk menjadi lebih baik, makaish tulisannya

Belajar dari kesalahan itu baik, tapi terkadang bangkit dari kesalahan itu yang sulit.

Buat yg punya anak, yg berat adalah memberi kesempatan anak berbuat salah

Iyap.. Benar sekali.. Karena itu harus siap dan selalu semangat memperbaiki diri

Nahh itu mungkin juga.. Thanks..

Bener banget.. Thanks kunjungannya. :)

betul dari kesalahan kita bakal banyak belajar

Back To Top