Ide Pagi

Hidup yang Tidak Dipertaruhkan Tak Kan Pernah Dimenangkan

Adsense

Tahun Baru Adalah Akhir Tahun

Tahun baru ialah akhir tahun ~Mahfuzh tnt [tweet this!]

Tidak terasa yah? 2016 akan berlalu, dan beberapa hari lagi kemeriahan kembang api menyambut tahun baru 2017 akan kita lihat bersama.

Petani telah sibuk melakukan loby harga jagungnya, pengrajin terompet tengah mengolah kertas karton dan botol bekas, sedangkan mahasiswa sedang sibuk merencanakan cerita malam satu januarinya. Ada banyak cara merayakan datangnya 2017, sebanyak cara kita memaknainya.

Jika ada cara menghargai tahun baru yang paling benar, maka mungkin cara pedagang terompet dan petani jagung adalah jawabannya.

Evaluasi Akhir Tahun

Tahun baru bukan hanya menyajikan harapan di masa depan, namun juga bayangan akan masa satu tahun lalu. Salah satu momen paling penting dalam tahun baru ialah evaluasi akan satu tahun yang telah kita lewati.

Apa saja yang telah kita capai selama ini? Seberapa banyak pengalaman menarik yang telah kita peroleh? Ataukah kita malah menghiasi resolusi tahun lalu dengan catatan merah?

Evaluasi bukanlah sebuah langkah untuk menghakimi, ataupun merasa pesimis. Tetapi justeru merupakan langkah penting untuk melihat apa saja yang telah kita capai, dan apa saja yang masih belum sesuai harapan. Ini memberikan kita gambaran tentang kelemahan kita, strategi untuk mencapai harapan dan semangat untuk memperbaiki diri.

Sebagaimana salah seorang cendikiawan muslim Imam Al-Ghazali pernah bertanya kepada muridnya: Apakah yang paling jauh dari diri kita?  Itu adalah masa lalu.

Masa lalu adalah sesuatu yang paling jauh dari kita. Sejak dahulu manusia telah menganggap bahwa kembali ke masa lalu ialah hal yang tidak mungkin. Walaupun kini banyak fisikawan yang menganggapnya mungkin, tetapi faktanya masa lalu akan tetap lebih jauh dari apapun. Karena begitu jauhnya, untuk mencapai masa lalu, kita harus bisa bergerak lebih cepat dari cahaya. Itupun baru kemungkinan secara teoritis.

Yang pasti menyesali masa lalu, dan merasa pesimis atas evaluasi diri di akhir tahun ialah hal yang sia-sia. Toh kita nggak bisa mengubahnya. Masa lalu telah begitu jauh, oleh karena itu yang bisa kita lakukan ialah berusaha di saat ini, dan merencanakan hari esok.
Baca juga: Hal Biasa Bisa Menjadi Sangat Luar Biasa

Resolusi Awal Tahun

Bagi kita pemuda, pemudi dan pelajar mungkin definisi terbaik dari tahun baru adalah momen perubahan. Pergantian tahun berarti berganti pula tabiat dan laku kita. Dari tabiat yang buruk beralih ke tabiat yang baik, dari laku yang negatif menjadi lebih positif. Teorinya, sesederhana itu. Tetapi memanifestasikannya sejak tanggal 1 Januari bukanlah perkara yang mudah, apalagi secara berlanjut hingga satu tahun penuh.

Jika ditanya apa resolusimu untuk satu tahun kedepan? Maka jawaban seperti apa yang akan muncul?

Hidup memang akan terus mengalir seiring berjalannya waktu, tetapi jika tak direncanakan bisa menghasilkan kemalangan dan malapetaka. Seperti air bah yang mengalir, tanpa arah yang jelas akan mengakibatkan banjir dan penyakit, namun yang dialirkan dengan tujuan yang jelas dapat berakhir di sawah-sawah dan ladang kemudian menyuburkan tanaman.

Jangan anggap remeh sebuah resolusi awal tahun. Resolusi awal tahun merupakan cita-cita, atau tujuan yang akan kita raih dalam setahun mendatang. Menuliskan resolusi ini akan memperkuat tekad kita, semakin mantab untuk meraih prestasi dalam kehidupan.

Jadi buat kalian pemuda yang telah bangun pagi ini, persiapkan tujuan, cita-cita dan mimpimu untuk setahun mendatang. Kemudian mulailah harimu dengan tujuan yang jelas dan jalan yang benar.
Baca Juga: Kesalahan Ialah Awal Kemajuan Dalam Belajar