Ide Pagi

Hidup yang Tidak Dipertaruhkan Tak Kan Pernah Dimenangkan

Adsense

Bagaimana Mengembangkan Rasa Penasaran?

Anak kecil belajar lebih cepat dari orang dewasa, karena pikiran yang terbuka dan rasa ingin tahu yang besar ~Mahfuzh tnt
[tweet this!]
Salah satu anugerah yang diberikan Allah pada manusia ialah adanya rasa ingin tahu sejak kita dilahirkan. Rasa penasaran ini menjadi penggerak manusia sehingga terus belajar dan menciptakan karya.

Ketika pertama kali dilahirkan, kita tak tahu apa-apa tentang dunia, kemudian dengan rasa penasaran yang tinggi kita belajar hal-hal baru. Rasa penasaran menjadi mesin pendorong kita untuk belajar, membaca dan mencoba membuat sesuatu.

Sayangnya rasa penasaran ini tidak permanen sifatnya, karena setelah belajar dalam kehidupan ada banyak pengalaman yang menyebabkan rasa penasaran kita menjadi hilang. Penyebab utamanya ialah lingkungan dan cara pandang yang kita yakini.

Semakin lama rasa penasaran kita semakin terkikis, mengecil dan semakin tipis, bisa karena pengaruh lingkungan ataupun karena pengalaman pribadi yang tidak menyenangkan.

Misalkan pengaruh lingkungan dimana ketika kita punya rasa penasaran yang tinggi dan bertanya, kemudian orang-orang sekitar menertawakan, mengolok-olok ataupun tidak menjawab sama sekali. Contoh lainnya ialah karena pengalaman pribadi penasaran untuk melakukan sesuatu kemudian mengalami kegagalan.

Oleh karena itu aku akan share tentang hal ini. Semoga dengan beberapa tips ini kita bisa menjadi lebih berani melakukan hal-hal yang menarik rasa penasaran dan menatap hidup dengan penuh tantangan.

Cara Mengembangkan Rasa Penasaran

Jadi apa yang harus kita lakukan untuk memupuk rasa penasaran?

Baiklah ini beberapa diantaranya:

1. Pandanglah kehidupan sebagai petualangan.

Gambarkan kehidupan ini sebagai petulangan, bukan petualngan untuk bertahan hidup melainkan petualangan untuk menemukan sesuatu.

Karena dalam kehidupan ini ada banyak harta karun yang belum kita temukan!

Jika kamu tidak merasa tidak memiliki rasa penasaran yang tinggi, mungkin karen akamu memandang kehidupan sebagai perjalanan hanya untuk bertahan hidup.

Sehingga pada posisi nyaman, kamu merasa telah mengetahui segalanya. Kamu kira sudah tidak ada lagi hal menarik di luar sana.

Orang-orang yang tinggi rasa penasarannya, seperti anak kecil melihat kehidupan ini dengan cara berbeda. Bagi mereka kehidupan ialah petualangan untuk menemukan harta karun. Ada banyak rahasia, teka-teki dan pengalaman menarik yang menuggunya.

Percayalah ada banyak sekali hal ajaib yang bisa kamu temukan di luar sana!

2. Hindari memutuskan sesuatu itu nggak penting. 

Biasanya orang yang tidak punya rasa penasaran tinggi sering melabeli sesuatu itu nggak penting, sia-sia, ataupun membosankan.

Cobalah untuk lebih membuka pikiran. Ketika melihat sesuatu, tanamkan dalam pikiran bahwa ada hal menarik di dalamnya. Kamu tidak perlu menggalinya saat itu juga, tetapi jangan tutup pikiranmu dengan label bahwa "ini membosankan".

Orang yang rasa penasarannya tinggi tidak akan menghakimi sesuatu itu membosankan tanpa melihat secara detil.

3. Telusuri jejaknya

Seorang arkeolog menelusuri jejak dari dinosaurus hingga menemukan fossilnya. Mereka ialah orang-orang yang memiliki rasa penasaran tinggi, suka tantangan dan petualang kehidupan.

Ketika menemukan sesuatu yang memberimu tanda tanya, maka cari dan gali terus informasinya. Ikuti petunjuknya, coba berbagai cara-nya. Di era informasi saat ini, kamu bisa mencari artikelnya di internet, lihat videonya di Youtube, dan membaca buku tentang hal tersebut.

4. Lakukan proyek mini

Selain melakukan hal-hal yang sifatnya rutinitas atau hanya kerjaan, bukalah kesempatan untuk melakukan "proyek sampingan" ataupun mendalami hobi.

Orang yang rasa ingin tahunya tinggi selalu membuka ruang pikirannya untuk adanya sebuah proyek kecil yang bisa membawa pada penemuan baru atau hal-hal baru yang menarik.

Contohnya menulis merupakan hobi buatku sehingga aku melakukannya disamping dari rutinitasku sebagai mahasiswa. Saat ini menulis telah membawaku menemukan banyak sekali hal menarik dalam hidup.

5. Bersiaplah Mengambil Keputusan

Lihatlah keseharian anak kecil. Belajar dari masa kecilku, setiap jam 1 siang, ibu selalu memaksa tidur siang, hampir setiap harinya, agar sore hari aku bisa mengaji di TPA.

Tetapi hampir setiap siang pula aku lompat jendela dan pergi main bersama teman, keputusan lompat jendela ini dengan mudah kputuskan, walaupun akhirnya ketika pulang akan mendapat omelan, cubitan kecil ataupun tato kayu jambu dari abahku.

Maka bersiaplah mengambil keputusan! Beranikan dirimu untuk mengambil resiko, karena bisa jadi resiko tersebut hanyalah harga kecil yang harus kamu bayar untuk sesuatu yang lebih besar dalam hidupmu.

Yap! Mari mulai menghadapi kehidupan dengan cara pandang yang lebih terbuka dan mengikuti rasa penasaran kita untuk menemukan hal-hal yang menarik dalam hidup ini.